Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Kestabilan Harga Terhadap Ekonomi

Kompas.com - 13/02/2020, 14:30 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Stabilitas perekonomian menciptakan stabilitas harga. Dengan ekonomi yang stabil maka biaya yang rendah atau terjangkau bagi masyarakat.

Sebaliknya, jika ekonomi tidak stabil maka biaya yang akan dikeluarkan masyarakat akan tinggi. Sehingga mempersulit masa depan terkait investasi.

Dilansir dari situs resmi Bank Indonesia, inflasi yang rendah dan stabil merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. Di mana memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pentingnya pengendalian inflasi didasarkan pada pertimbangan bahwa inflasi yang tinggi dan tidak stabil memberikan dampak negatif kepada kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Baca juga: Upaya Pengendalian Inflasi dan Kebijakan di Indonesia

Bank Indonesia memberikan tiga alasan pentingnya kestabilan harga, sebagai berikut:

  1. Inflasi yang tinggi akan menyebabkan pendapatan riil masyarakat akan terus turun sehingga standar hidup dari masyarakat turun dan akhirnya menjadikan semua orang, terutama orang miskin bertambah miskin.
  2. Inflasi yang tidak stabil akan menciptakan ketidakpastian bagi pelaku ekonomi dalam mengambil keputusan. Pengalaman empiris menunjukkan bahwa inflasi yang tidak stabil akan menyulitkan keputusan masyarakat dalam melakukan konsumsi, investasi , dan produk yang akhirnya menurunkan pertumbuhan ekonomi.
  3. Tingkat inflasi domestik yang lebih tinggi dibanding dengan tingkat inflasi di negara tetangga menjadikan tingkat bunga domestik riil menjadi tidak kompetitif sehingga dapat memberikan tekanan pada nilai rupiah.

Peran stabilitas harga dalam ekonomi

Harga stabil akan menyebabkan inflasi lebih terkendali sehingga kondisi makro ekonomi sebuah negara akan baik.

Laju inflasi dapat memengaruhi kondisi ekonomi dalam negeri dan nilai tukar rupiah. Bank Indonesia telah membuat program sebagai langkah strategis pengendalian inflasi, yaitu:

  1. Keterjangkauan harga
  2. Ketersediaan pasokan
  3. Kelancaran distribusi
  4. Komunikasi efektif

Kestabilan harga khususnya harga pokok mampu menjaga stabilitas kondisi politik. Masyarakat tidak akan khawatir dengan naiknya harga dan ketakutan mengenai pasokan barang.

Baca juga: Dampak Inflasi Terhadap Negara

Jika masyarakat menilai harga akan naik, maka akan terjadi panic buying atau pemnbelian secara besar-besaran yang berakhir dengan kelangkaan barang.

Dalam menjaga kestabilan harga harus dilakukan secara sinergis dan harmonis oleh pemerintah dan masyarakat.

Kerja sama dan koordinasi Kemendag dengan Bulog, Kepolisian RI, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan lembaga lain memiliki peran yang penting.

Semua lapisan dan warga negara Indonesia memiliki peran yang penting bagi perekonomian. Pertumbuhan dan stabilitas ekonomi merupakan tujuan utama yang harus dicapai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com