Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Beasiswa "Full" ke Luar Negeri, Bisa Sambil Haji Tanpa Antre

Kompas.com - 24/06/2024, 07:18 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melaksanakan ibadah haji di Indonesia memerlukan masa antre yang cukup panjang. Bahkan bisa lebih dari 20 tahun.

Namun di sejumlah negara, untuk berhaji tidak pakai antre seperti di Tanah Air. Misalnya jika kamu berangkat dari Korea Selatan, Inggris Raya, Amerika serikat, Belanda, atau negara yang sedikit populasi muslimnya.

Kamu bisa juga kuliah sambil berhaji tanpa antre dengan memanfaatkan beasiswa ke luar negeri.

Baca juga: Jadwal Beasiswa Unggulan 2025 yang Dibuka Tanggal 1 Juli

Dilansir dari akun Instagram @kobieducation pada Minggu (23/6/2024), berikut adalah lima beasiswa di lima negara yang memberikan peluang daftar haji tanpa antre sekaligus pilihan beasiswa kuliah yang dapat kamu pilih. 

5 negara dengan beasiswa full dan bisa haji tanpa antre

1. Korea Selatan

Di Korea Selatan, tidak ada klasifikasi haji seperti Reguler, ONH+, atau Furoda seperti di Indonesia.

Sehingga semua pendaftar diperlakukan sama. Biaya haji sekitar Rp 140 juta per orang dan langsung bisa berangkat di tahun pendaftaran.

Penyelenggara haji dilakukan oleh Korea Muslim Federation. Kamu bisa mendapat benefit ini jika kebetulan sedang kuliah atau bekerja di sana.

Salah satu beasiswa yang bisa kamu dapatkan adalah Global Korea Scholarship (GKS) untuk D3/S1/S2/S3. Beasiswa ini sudah mencakup biaya UKT gratis, uang saku, tiket pesawat PP, biaya visa, dan kursus bahasa Korea selama satu tahun.

Beasiswa ini juga tidak mewajibkan pesertanya untuk pulang ke Indonesia, mempunyai syarat pengalaman kerja, dan memiliki LoA. Bahkan banyak kampus top di Korea selatan yang bisa kamu jadikan pilihan.

Syarat pendaftaran

  • Ijazah dan transkrip
  • Surat rekomendasi
  • Personal statement dan study plan
  • Skor IELTS atau TOPIK (opsional)
  • Usia maksimal untuk program D3/S1 adalah 25 tahun dengan nilai pelajaran di atas 80 atau ranking top 20 persen di kelas
  • Sedangkan untuk S2/S3 adalah 40 tahun dengan IPK minimal 2.64, juga research proposal (bagi pelamar research program)

Baca juga: Syarat, Jenis, Jadwal Lengkap Beasiswa LPDP 2024 Tahap 2

2. Amerika Serikat

Ada sekitar 300-500 biro perjalanan haji dengan biaya berangkat sekitar Rp147 juta per orang.

Jika ingin berhaji sambil kuliah, manfaatkan beasiswa Fulbright Scholarship. Beasiswa khusus S2 dan S3 ini menawarkan kuliah gratis atau pembiayaan kuliah penuh, biaya hidup, tiket pesawat PP, asuransi kesehatan, dan dukungan visa J-1.

Keuntungan lainnya, beasiswa ini juga tidak memiliki batasan usia, bisa juga mendaftar memakai TOEFL ITP, berkesempatan kuliah ke Ivy League, mendapat proses pendampingan selama daftar kampus di Amerika Serikat, dan fasilitas tes TOEFL IBT gratis untuk keperluan admission kampus.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com