Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2024, 12:07 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meskipun tumbuh di keluarga sederhana, semangat Ulfatun Nikmah tak pernah surut untuk mengejar pendidikan setinggi mungkin.

Berkat kegigihannya, alumnus SMKN 3 Jepara, Jawa Tengah (Jateng) itu berhasil meraih gelar Magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Gadjah Mada (UGM) pada April 2024.

Gadis yang akrab disapa Ulfa itu berhasil membuktikan dirinya mampu bersaing dengan lulusan lainnya.

Anak dari pasangan Muhlasin dan Masruroh itu tidak hanya bisa menembus Pascasarjana FEB UGM, tetapi juga bisa bersaing dan berhasil memperoleh beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Selama perkuliahan, anak tukang ukir itu tidak hanya berfokus pada studi, tetapi juga aktif di berbagai kegiatan organisasi dan kompetisi, serta bekerja paruh waktu memberikan les untuk anak-anak. 

Hal itu membuatnya tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki kemampuan kepemimpinan dan jaringan yang luas.

Baca juga: Kemendikbud Buka Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2024, Catat Tanggalnya

Kini, Ulfa telah menyelesaikan studi magister di UGM dengan waktu 1 tahun 10 bulan 24 hari dan meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,89. 

Kesuksesan itu menjadi pencapaian besar dalam hidup Ulfa dan membanggakan kedua orangtuanya yang dulu tidak pernah membayangkan putri sulungnya bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Saat ini, Ulfa bekerja di sebuah perusahaan konsultan di bidang teknologi informasi di Yogyakarta. 

Ke depan, ia masih berkeinginan kuat untuk melanjutkan studi ke jenjang S-3 dan menjadi dosen untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Mimpi dalam keterbatasan biaya

Jauh sebelum meraih gelar S-2 dengan nilai gemilang, Ulfa tidak memikirkan fakultas ekonomi. Sebab, impiannya adalah menjadi seorang dokter.

Baca juga: Selain Kuliah Gratis, Dapat Dana Apa Saja dari Beasiswa LPDP 2024?

“Namun, karena keterbatasan biaya, orangtua ingin saya meneruskan pendidikan pada jenjang SMK dengan harapan setelah lulus bisa langsung bekerja,” katanya.

Di SMKN 3 Jepara, Ulfa mengambil jurusan Akuntansi. Selama tiga tahun, ia mendalami bidang akuntansi dan membuatnya semakin tertarik dengan bidang tersebut.

Oleh karenanya, dia memperkuat keinginannya untuk melanjutkan pendidikan di bidang tersebut dengan melanjutkan .

Setelah lulus dari SMK, Ulfa berencana melanjutkan studi ke jenjang S-1. Namun, rencana ini ditentang orangtuanya karena keterbatasan finansial dan kebutuhan untuk menyekolahkan adiknya. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com