Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Road to ICFBE 2024" PresUniv di Filipina: Anak Muda Jadi Kunci Disrupsi Bisnis di Era Digital

Kompas.com - 02/07/2024, 12:20 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Peran generasi muda dalam membawa disrupsi di berbagai bidang bisnis kian terasa signifikan. Di era digital ini, mereka menjadi agen perubahan dengan mengandalkan kreativitas, inovasi, dan pemanfaatan teknologi, terutama teknologi digital.

Iman Permana, Chairman International Conference on Family Business and Entrepreneurship (ICFBE) 2024 menyampaikan, kunci kekuatan generasi muda dalam mendisrupsi bisnis terletak pada kolaborasi dan konsep "sharing" yang mereka utamakan.

"Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi muda lebih memilih untuk berkolaborasi dari pada berkompetisi. Mereka juga lebih mengutamakan konsep sharing daripada memiliki secara eksklusif," jelas Iman Permana.

Tren ini, lanjut Iman, tidak hanya terlihat di tingkat lokal, tetapi juga global. Generasi muda di seluruh dunia terus menghadirkan ide-ide segar dan inovatif yang mendobrak batasan-batasan lama dalam dunia bisnis.

Penegasan ini menjadi benang merah dalam ICFBE, konferensi internasional yang rutin diadakan Fakultas Bisnis Presuniv University (Presuniv).

Konferensi ini menjadi salah satu wadah bagi akademisi, praktisi bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bertukar ide dan pengalaman terkait disrupsi bisnis yang dipelopori generasi muda.

ICFBE pertama kali diselenggarakan tahun 2017 di kawasan wisata Sanur, Bali. Kali ini ICFBE memasuki tahun ke-8, dan akan diselenggarakan di Filipina pada 9-10 Oktober 2024.

Iman Permana menjelaskan, hingga saat ini PresUniv sudah tujuh kali berturut- turut menyelenggarakan ICFBE.

Selama kurun waktu tersebut, ICFBE sudah menghadirkan lebih dari 1.000 peserta yang terdiri dari kalangan akademisi, praktisi bisnis, dan pemerintahan. Mereka datang dari 15 negara yang berbeda.

 

Pada konferensi internasional tersebut, peserta akan membagikan hasil riset terbaru, informasi dan praktik baik yang terjadi di negara masing-masing terkait bisnis keluarga dan kewirausahaan, termasuk perubahan kebijakan dan kondisi perekonomian nasional.

Baca juga: Mengenal Manfaat Komunitas dalam Bisnis Start Up

Tahun ini ICFBE mengusung tema "Empowering Creativity and Innovation: Youth and Technopreneurship". Selaras topik tersebut, menurut Iman, wajah bisnis anak muda tersebut akan menjadi topik menarik yang dikemas dalam research track Youth and Entrepreneurship Development.

Bahas Ragam Isu Terbaru Family Business

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com