Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguasai Bahasa Perancis Perluas Kesempatan Generasi Muda dalam Karier

Kompas.com - 02/07/2024, 16:28 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak manfaat dari belajar bahasa Perancis bagi pelajar di Indonesia. Direktur Kursus Institute Francais Indonesie (IFI) Tristia Wihatni mengatakan, manfaat itu bisa membawa pelajar Indonesia bisa lebih berkembang dan sukses di kancah internasional.

"Saat ini terdapat 62 persen penutur bahasa Perancis yang tinggal di Asia," kata Tristia di Global Islamic School Serpong 2, Tangerang Selatan.

Tristia mengatakan, ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan generasi muda saat menguasai bahasa Perancis.

Baca juga: 5 Beasiswa S1-S3 Gratis ke Luar Negeri yang Buka Bulan Juli 2024

Pertama, bisa berbahasa Perancis memberikan akses pada anak-anak untuk mendapat beasiswa dan studi di perancis dan negara frankofon atau negara yang menerapkan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi.

"Kemampuan bahasa Perancis juga memberikan akses pelajar Indonesia masuk ke lembaga baik yang ada di kancah internasional maupun di negara berbahasa Perancis. Misalnya, PT Pertamina (Persero) yang telah membuka lahan pengeboran di negara Aljazair yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resminya," ujar dia.

Selanjutnya, lanjut dia, kemampuan bahasa asing kerap membuka kesempatan generasi muda untuk belajar bahasa asing yang lainnya. Seperti Spanyol, Italia, atau Portugis yang memiliki akar bahasa latin sama dengan bahasa Perancis.

Baca juga: Beasiswa S3 Prancis 2023: Kuliah Gratis, Uang Saku Rp 25 Juta Per Bulan

Selain memiliki banyak manfaat, Tristia mengatakan ada sejumlah alasan lain mengapa generasi muda harus belajar bahasa Perancis:

1. Ada lebih dari 321 juta penutur atau orang yang berbicara menggunakan bahasa Perancis di lima benua.

2. Saat ini terdapat 62 persen penutur bahasa Perancis yang tinggal di Asia.

3. Bahasa Perancis banyak digunakan banyak negara yang ada di benua Afrika. Negara bagian Amerika seperti Kanada juga menggunakan bahasa Perancis secara aktif.

4. Kini bahasa Perancis digunakan sebagai bahasa resmi di 28 negara yang tergabung pada komunitas Frankofoni. Perancis juga menjadi salah satu bahasa resmi yang ada di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

5. Sebanyak  30 persen bahasa Inggris berasal dari bahasa Perancis, sehingga tidak akan terlalu sulit bagi orang yang bisa bahasa Inggris belajar bahasa Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com