Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Bolu Kukus Supaya Mekar Tanpa Air Soda

Kompas.com - 02/07/2024, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bolu kukus merupakan salah satu kue tradisional yang digemari banyak orang.

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis selalu berhasil memanjakan lidah. Namun, membuat bolu kukus yang mekar sempurna dan tidak bantat bisa menjadi tantangan tersendiri.

Banyak orang menggunakan air soda sebagai bahan pengembang dalam resep bolu kukus. Namun, tahukah kamu bahwa bolu kukus dapat dibuat mekar sempurna tanpa air soda?

 

Ya, dengan beberapa tips dan trik mudah, kamu dapat menghasilkan bolu kukus yang lembut, empuk, dan mekar sempurna tanpa perlu menggunakan air soda.

Baca juga:

Simak resepnya dari buku "Bolu Kukus - Dari Masa ke Masa Klasik Modern" (2013) oleh Elisa terbitan Lingua Kata, bikin untuk 10 buah. 

Resep bolu kukus tanpa air soda

Bahan (Untuk 10 buah)

  • 1 butir telur ayam
  • 150 gram gula pasir 
  • 1/2 sdt cake emulsifier
  • 1/2 sdt baking powder double acting 
  • 150 gram tepung terigu 
  • 150 ml susu cair 
  • 1 sdt pasta cokelat 

Ilustrasi bolu kukus gula merah. Dok. Shutterstock/E Dewi Ambarwati Ilustrasi bolu kukus gula merah.

Cara membuat bolu kukus tanpa air soda

  1. Siapkan wadah besar. Masukkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan vanili bubuk. Aduk rata dengan whisk hingga semua bahan tercampur.
  2. Buat lubang di tengah campuran tepung. Masukkan susu cair, minyak sayur, dan telur satu per satu sambil diaduk perlahan dengan whisk hingga tercampur rata. Pastikan adonan tidak bergerindil.
  3. Bagi adonan menjadi dua bagian. Sisipkan satu bagian ke dalam wadah lain.
  4. Pada bagian adonan yang lain, tambahkan pasta coklat dan aduk rata hingga warnanya tercampur merata.
  5. Siapkan cetakan bolu kukus berlubang dan alasi dengan cup kertas. Tuang adonan dasar ke dalam cetakan hingga 3/4 tinggi. Kemudian, tuang adonan coklat di atasnya hingga memenuhi cetakan.
  6. Panaskan kukusan dengan api besar hingga airnya mendidih. Masukkan cetakan bolu kukus ke dalam kukusan. Kukus selama 20 menit atau hingga bolu matang sempurna.
  7. Lakukan tes tusuk gigi untuk memastikan bolu matang. Tusukkan tusuk gigi ke tengah bolu. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.
  8. Angkat bolu kukus dari kukusan. Biarkan bolu agak dingin sebelum dikeluarkan dari cup kertas. Sajikan bolu kukus mekar tanpa air soda yang lembut, empuk, dan menggoda selera.
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com