Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bawa Hoki, Ini Cara Merawat Tanaman Lucky Bamboo di Dalam Ruangan

Hal ini bukan tanpa alasan karena tanaman bambu keberuntungan memiliki sejumlah hal yang menarik perhatian, di antaranya memiliki batang yang dapat dibentuk menjadi kepangan dan dipercaya membawa keberuntungan dalam rumah tangga menurut feng shui. 

Tanaman lucky bamboo  biasa diletakkan di dalam ruangan dan memiliki perawatan cukup mudah. Meski demikian, penting mengetahui cara perawatan tanaman lucky bamboo yang benar, 

Sebab, perawatan yang dilakukan secara asal dapat membuat tanaman terjangkit hama dan penyakit.

Nah, dilansir dariThe Spruce, Senin (27/5/2024), berikut cara merawat tanaman lucky bamboo di dalam ruangan dengan tepat. 

  • Dua tangkai melambangkan cinta.
  • Tiga tangkai melambangkan Fu (kebahagiaan), Lu (kekayaan), dan Soh (umur panjang).
  • Lima batang melambangkan keseimbangan, kedamaian, harmoni, dan kekuatan di semua bidang kehidupan Anda.
  • Enam batang melambangkan keberuntungan dan kekayaan.
  • Tujuh batang melambangkan kesehatan yang baik.
  • Delapan batang melambangkan pertumbuhan.
  • Sembilan batang melambangkan keberuntungan besar.
  • 10 batang melambangkan kesempurnaan.
  • 21 batang melambangkan berkah yang kuat.

Lucky bamboo dengan jumlah empat batang adalah jenis yang paling jarang ditemui. Dalam budaya Tiongkok, kata "empat" hampir sama dengan kata "kematian" sehingga pemberian empat batang bambu akan dianggap sangat tidak sopan seolah-olah Anda mengharapkan kematian pada penerimanya. 

Cara merawat tanaman lucky bamboo di dalam ruangan

Tanaman lucky bamboo memiliki reputasi baik karena hampir tidak bisa dihancurkan sehingga cocok untuk pemula. Berikut cara merawat tanaman lucky bamboo di dalam ruangan. 

  • Pencahayaan 

Tanaman lucky bambbo lebih menyukai sinar matahari yang terang dan tidak langsung, seperti yang ditemukan di bawah kanopi hutan hujan.

Sinar matahri langsung dapat membakar daun tanaman lucky bamboo. Tanaman hias ini lebih toleran terhadap cahaya yang terlalu sedikit dibanding banyak.

Namun, jika tanaman mulai meregang atau warna hijau memudar, berikan lebih banyak cahaya. Rotasi tanaman lucky bamboo sesering mungkin agar cahaya menjangkau semua tanaman secara merata. 

  • Tanah

Selanjutnya, cara merawat tanaman lucky bamboo di dalam ruangan adalah menggunakan tanah yang subur dan memiliki drainase baik.

Tanah harus tetap lembap, tetapi tidak basah kuyup. Selain itu, lucky bamboo dapat tumbuh subur jika ditempatkan di kerikil atau sekadar vas berisi air, asalkan selalu ada genangan air setidaknya tiga sentimeter.

  • Penyiraman 

Lucky bamboo sangat sensitif terhadap klorin dan bahan kimia lain yang biasa ditemukan dalam air keran. Air keran boleh digunakan, asalkan bukan air sadah atau mengandung banyak mineral. 

Sebaiknya, menyiram tanaman lucky bamboo hanya dengan air suling atau air keran yang didiamkan selama 24 jam agar klorinnya menguap.

Jika tumbuh di vas air berisi kerikil, ganti air setiap minggu untuk menghindari penyakit dan bau. Pastikan air selalu menutupi seluruh akar.

Tambahkan sedikit air setiap dua hingga tujuh hari sesuai kebutuhan. Gantilah air sepenuhnya setiap dua hingga tiga bulan atau lebih sering jika Anda menemukan air mengeluarkan bau yang tidak sedap. 

Hindari menempatkan tanaman lucky bamboo di dekat angin (panas atau dingin), di depan AC, ventilasi pemanas, atau di dekat jendela yang berangin.

  • Pupuk 

Setetes pupuk cair setiap bulan sudah cukup untuk sebagian besar rangkaian  tanaman lucky bambu. 

Tanaman lucky bamboo yang tumbuh di air hanya perlu diberi makan setiap dua bulan sekali atau lebih menggunakan pupuk cair yang sangat lemah.

Akar lucky bamboo yang sehat berwarna merah, jadi jangan khawatir jika Anda melihat akar merah mengambang di vas kaca. 

  • Pemangkasan 

Terakhir, cara merawat tanaman lucky bamboo di dalam ruangan adalah pemangkasan. Seiring waktu, bagian atas tanaman lucky bamboo menjadi berat atau  mulai kehilangan bentuknya.

Jadi, pemangkasan membantu mempertahankan penampilannya. Namun, secara umum, memotong batang utama tanaman lucky bamboo bukan ide baik.

Sebagai gantinya, potong cabang menggunakan gunting steril dan potong kembali sepanjang  tiga sampai lima sentimeter dari batang utama.

Tunas-tunas baru akan segera muncul dengan pertumbuhan lebih penuh. Untuk mencegah pertumbuhan baru, celupkan ujung potongan ke dalam parafin. 

Bentuk tanaman lucky bamboo yang tidak biasa ini dibentuk bukan dengan cara memangkasnya, melainkan memutar batangnya di depan sumber cahaya, yang menyebabkan tanaman ttumbuh secara alami ke arah cahaya.

Para profesional sering kali menumbuhkan batang di sisi cahaya untuk menciptakan bentuk spiral. Namun, di rumah, coba letakkan tanaman lucky bambbo di bawah kotak tiga sisi, perhatikan baik-baik tingkat pertumbuhannya, serta rotasikan tanaman secara perlahan dan teratur.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/05/27/202100676/bawa-hoki-ini-cara-merawat-tanaman-lucky-bamboo-di-dalam-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke