Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2024, 07:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, mengakhiri hari yang sibuk dengan menonton televisi (TV0 di tempat tidur yang nyaman adalah hal yang tidak bisa ditawar.

Ini adalah kesempatan menonton acara-acara seru dan menyenangkan diri. Namun, memasang TV di kamar tidur tak selalu baik. 

Baca juga: Cara Membersihkan Layar TV agar Bebas Debu dan Awet

Percaya atau tidak, ada sekelompok desainer interior menganggap model TV tertentu dapat mengurangi estetika desain kamar tidur secara keseluruhan.

Belum lagi, TV di kamar tidur berpotensi mendatangkan malapetaka pada rutinitas tidur seseorang.

Alasan tidak memasang TV di kamar tidur 

Ilustrasi TV di kamar tidur.Shutterstock/Tuan Anh Vu Ilustrasi TV di kamar tidur.
Rayman Boozer, desain interior dari Apartment 48 Interior Design di New York, Amerika Serikat (AS), mengatakan titik fokus di kamar tidur mana pun haruslah tempat tidur. 

"Masalah kronis dengan televisi adalah ketika mati, yang sering terjadi. Televisi terlihat seperti kotak hitam," ucap Boozer. 

Kecuali jika tema dekorasi Anda adalah hitam dan putih atau kombinasi warna hitam dan warna lain, kotak hitam itu akan mengganggu.

Meski begitu, kata Boozer, menonton TV di tempat tidur bukan hal salah. "Sekarang, kita memiliki pilihan lain, seperti laptop dan iPad, yang tidak perlu dipajang atau diintegrasikan ke dalam dekorasi. 

Baca juga: 5 Cara Meletakkan TV di Ruang Tamu Kecil

Namun, Regan Baker, desainer interior asal San Francisco, mengatakan memasang TV di kamar tidur dapat mempengaruhi tujuan sebenarnya dari ruang tersebut.

"Kamar tidur seharusnya menjadi tempat yang damai dan tenang, Anda bisa memprioritaskan istirahat dan tidur," kata Baker.

Memasang TV di kamar tidur dapat menyulitkan untuk mengaktifkan lingkungan yang tenang dan mengurangi kemampuan Anda untuk memprioritaskan tidur setiap hari. 

Senada dengan Baker, Marie Cloud, desainer interior dari Indigo Pruitt Design Studio, menjelaskan kamar tidur harus menjadi tempat yang didedikasikan untuk beristirahat, relaksasi, dan saat-saat intim.

Memasang TV di kamart tidur dapat mengganggu ketenangan dan tujuan ruangan. Kamar tidur seharusnya menjadi tempat seseorang bersantai, tidur nyenyak, dan membina hubungan pribadi tanpa gangguan layar. 

Baca juga: 5 Cara Menyembunyikan Kabel TV dengan Aman dan Rapi

"Dengan menjaga kamar tidur bebas dari TV, kami menghormati esensi sejati kamar tidur, memastikan kamar tidur tetap menjadi tempat peristirahatan yang menyehatkan tubuh dan jiwa," ujar Cloud. 

 

Namun, si sisi lain, ada beberapa desain interier yang tidak mempermasalahkan memasang TV di kamar tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com