Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ras Anjing K9 yang Cerdas dan Populer, Banyak Bantu Tugas Polisi

Kompas.com - 21/06/2024, 19:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak ras anjing di dunia, salah satunya anjing K9

Anjing K9 adalah nama lain dari anjing yang lebih dikenal sebagai anjing polisi sekaligus merupakan homofon dari kata "anjing". 

Baca juga: 9 Ras Anjing yang Membutuhkan Perawatan Khusus

Anjing K9 adalah bagian penting dan sangat terspesialisasi dari sebagian besar departemen kepolisian.

Terdiri atas anjing-anjing yang dilatih secara khusus dan dilatih polisi yang sangat terampil, anjing K9 melakukan berbagai tugas kepolisian, dari tmencari narkoba dan bahan peledak, menemukan orang hilang, menemukan bukti TKP, melindungi orang, hingga menyerang penjahat.

Dibutuhkan anjing khusus untuk menjadi anjing polisi. Ada beberapa ras anjing yang lebih baik dilatih menjadi anjing polisi daripada ras lain.

Bahkan dalam ras anjing K9 yang paling populer sekalipun, tidak semua anjing memenuhi syarat. Itulah sebabnya mengapa sebagian besar departemen kepolisian menggunakan anjing yang dibesarkan secara khusus untuk melakukan tugas kepolisian. 

Baca juga: Penyebab dan Tanda Anjing Ketakutan

Pelatihan anjing polisi K9 

Pelatihan kepatuhan adalah salah satu pelajaran terpenting dalam pelatihan anjing polisi karena sangat penting agar anjing dapat membantu melindungi dan menjaga tanpa menyebabkan gangguan serta perilaku buruk.

Anjing penjaga harus mengikuti perintah tanpa ragu-ragu sehingga orang mendapatkan perlindungan dan keamanan yang optimal. 

Dilansir dari MEC Security, Jumat (21/6/2024), pealtihan anjing polisi membutuhkan waktu 10 minggu. Banyak anjing K9 yang tinggal bersama pawangnya untuk membantu membentuk hubunganyang lebih kuat antara pawang dan anjing penjaga, saling percaya, dan peduli satu sama lain. 

Hal ini dikembangkan lebih lanjut karena tergantung pada pemiliknya untuk merawat anjingnya, dari memberi makan hingga merawat. 

Nah, dikutip dari Wvnstv dan Nylabone, berikut sejumlah ras anjing K9 yang cerdas dan populer

Baca juga: 5 Ras Anak Anjing Termahal di Dunia, Tertarik Memeliharanya?

German shepherd 

Ilustrasi anjing German Shepherd.SHUTTERSTOCK/SABINE HAGEDORN Ilustrasi anjing German Shepherd.
German shepherd sejauh ini merupakan anjing polisi paling populer yang dipekerjakan  lembaga kepolisian di seluruh negeri.

Anjing German shepherd dianggap banyak orang anggap sebagai anjing polisi yang sempurna karena mahir dalam semua jenis tugas penegakan hukum, dari mengejar tersangka, mengendus narkoba, mencari korban bencana, dan mencari bahan peledak.  

German shepherd terkenal karena sifatnya yang tenang, mudah dilatih, dan memiliki kecerdasan luar biasa. Kemampuan dan etos kerja German shepherd yang kuat juga bersinar dalam pekerjaan penting lainnya karena merupakan anjing militer dan anjing pelacak yang populer. 

Baca juga: 7 Barang Rumah Tangga yang Beracun bagi Anjing Peliharaan, Singkirkan

Labrador retriever

Selanjutnya, ras anjing K9 yang cerdas dan populer adalah Labrador retriver. Ras anjing menjadi salah satu jenis anjing yang paling umum digunakan lembaga kepolisian di Amerika Serikat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com