Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Sayuran dan Buah yang Harus Disimpan di Kulkas agar Tahan Lama

Kompas.com - 24/06/2024, 07:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa ide yang bertentangan di luar sana tentang bagaimana harus menyimpan hasil bumi, seperti sayuran dan buah. 

Biasanya, kulkas menjadi tempat penyimpanan ideal untuk sayuran dan buah karena dapat menjaga kesegarannya dan memperpanjang umur konsumsi. 

Baca juga: 5 Penyebab Kulkas Bocor dan Cara Mengatasinya

Namun, meja atau lemari dapur menjadi juga menjadi pilihan untuk beberapa buah dan sayuran yang memang tidak dapat disimpan dikulkas.

Dalam beberapa kasus, ini bukan hanya masalah preferensi pribadi. Sayuran dan buah akan bertahan lebih lama serta terasa lebih enak jika disimpan dengan cara tertentu.

Untuk membantu menyelesaikan perdebatan dan membantu mengurangi sampah makanan, berikut beberapa sayuran dan buah yang harus disimpan di kulkas agar taha lama dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (24/6/2024). 

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas dan Freezer agar Tahan Lama

Buah citrus

Ilustrasi jeruk. Shutterstock/Nitr Ilustrasi jeruk.
Buah citrus, seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk. sebaiknya isimpan di kulkas karena suhu yang lebih dingin mencegahnya mengering.

Buah citrus dapat bertahan hingga dua minggu jika didinginkan atau disimpan di kulkas dan sekitar satu minggu pada suhu ruangan.

Jika Anda bukan penggemar buah dingin, bisa membiarkan lemon di atas meja selama beberapa jam sebelum memakannya. 

Baca juga: 11 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas, Ini Alasannya

 

Jamur

Selanjutnya, sayuran dan buah yang harus disimpan di kulkas adalah jamur. Jika Anda pernah membawa pulang satu wadah jamur dan membiarkannya di atas meja selama beberapa hari sebelum menggunakannya, akan terkejut mengetahui jamur harus disimpan di kulkas. 

Jamur yang belum dicuci harus disimpan di kulkas dalam kantong kertas untuj mencegahnya cepat busuk, kecuali jamur morel harus disimpan di atas meja. 

Jika ingin membiarkan jamur dalam wadah aslinya, lepaskan bungkus plastik dari bagian atas terlebih dahulu untuk mencegahnya berlendir setelah satu atau dua hari. 

Baca juga: 7 Perawatan Kulkas yang Dapat Menurunkan Tagihan Listrik

Sebagian besar buah-buahan, termasuk alpukat 

Ilustrasi alpukat., buah yang kadar gulanya rendah termasuk alpukatShutterstock/barmalini Ilustrasi alpukat., buah yang kadar gulanya rendah termasuk alpukat
Untungnya, sebagian besar buah-buahan bisa digunakan dengan dua cara. Aprikot, alpukat, belimbing, blewah, melon, kiwi, mangga, pepaya, persik, nektarin, plum, dan pir dapat disimpan dikulkas atau meja dapur.

Namun, buah-buah ini tidak akan matang jika menyimpannya di kulkas. Jadi, disarankan menyimpannya di atas meja hingga matang, lalu pindahkan ke kulkas jika Anda belum siap memakannya.

Apabila langsung memakannya setelah matang, Anda tidak perlu menyimpannya di kulkas. Menyimpan buah di dalam kulkas tidak akan membuatnya tahan lama.

Dalam banyak kasus,  membutuhkan waktu beberapa hari untuk membuat roti bakar alpukat atau buah persik yang renyah.

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Kulkas Bau 

Labu siam

Terakhir, sayuran dan buah yang harus disimpan di kulkas adalah labu siam. Dalam hal menyimpan labu siam, semuanya tergantung pada jenis yang dibawa dari rumah. 

Mentimun musim dingin, seperti labu biji dan labu butternut, sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Sebaliknya, menyimpannya di tempat ejuk dan kering hingga dua bulan meski setelah dipotong, sisa-sisa makanannya harus dimasukkan ke kulkas. 

Sedangkan, mentimun dan labu musim panas harus dimasukkan ke kulkas yang dapat bertahan hingga empat hari.

Pastikan mengosongkan ruang ekstra di kulkas sebelum memasukkan mentimun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com