Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memilih Tirai untuk Ruang Tamu dengan Tepat

Kompas.com - 24/06/2024, 17:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memilih tirai untuk ruang tamu, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. 

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih tirai untuk ruang tamu, antara lain; gaya dan desain tirai, panjang dan ukuran, warna dan pola, serta bahan dan tekstur kain tirai. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Gorden Rumah Minimalis

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, maka Anda akan mendapatkan tirai terbaik yang dapat melengkapi keindahan dan kenyamanan di ruang tamu. 

Dikutip dari Southern Living, Senin (24/6/2024), berikut ini cara memilih tirai untuk ruang tamu dengan tepat. 

Ilustrasi gorden warna coklat muda di ruang tamuSHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi gorden warna coklat muda di ruang tamu

Menggunakan tirai tipis untuk suasana cerah

Jika ingin tetap menghadirkan cahaya alami di dalam ruang tamu, maka bisa memilih tirai tipis. Tirai ini membuat cahaya tetap masuk ke dalam ruangan, namun tidak terlalu terik. 

Meski tipis, tirai tersebut tetap bisa menjadi privasi di dalam ruangan. Tak hanya itu, tirai tipis juga membuat ruang tamu terlihat estetik. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Gorden Ruang Tamu

Memilih tirai yang senada dengan skema warna ruangan

Selanjutnya, cara memilih tirai untuk ruang tamu yaitu memilih tirai yang warnanya senada dengan skema warna ruangan. Warna yang senada membuat tampilan ruangan terlihat klasik. 

Bentuknya bisa sederhana untuk tampilan monokrom atau rumit seperti memadukan pola tirai dengan wallpaper bermotif. 

Pertimbangkan gaya dan tema ruangan

Saat memilih tirai untuk ruang tamu, pertimbangkan juga gaya dan tema ruangan. Cara ini akan membuat tirai terlihat serasi dengan kondisi ruangan. 

Misalnya, menyesuaikan jenis kain dan warna yang sesuai dengan gaya interior ruangan agar tampilannya terlihat lebih estetik. 

Baca juga: Cara Memilih Gorden Terbaik untuk Rumah Kecil

Lakukan uji coba pada tirai yang dipasang di ruang tamu

Terakhir, cara memilih tirai untuk ruang tamu yaitu melakukan uji coba tirai tersebut. Caranya dengan mengalami tampilan tirai di beberapa waktu, seperti pagi, siang, dan malam hari saat pencahayaan berbeda.

Ilustrasi hiasan di ruang tamuSHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi hiasan di ruang tamu

Tujuannya untuk mengetahui tampilan tirai saat kondisi cara berbeda. Jika tampilan tirai tetap cantik meski pencahayaan berbeda, maka bisa dikatakan tirai tersebut sesuai untuk ruang tamu. 

Sebaliknya, jika ada satu waktu yang membuat tirai terlihat kurang menarik, maka sebaiknya ganti tirai tersebut dengan tirai lain. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Gorden yang Tepat Menurut Feng Shui

Nah, itulah sejumlah tips memilih tirai untuk ruang tamu. Pemilihan tirai yang tepat membuat ruang tamu terlihat lebih cantik dan menarik. 

Selain itu, tirai yang tepat juga membuat ruang tamu terasa lebih hangat, nyaman, dan privasi di ruangan tersebut terjaga dengan maksimal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com