Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Barang yang Tidak Boleh Ada di Teras, Ini Alasannya

Kompas.com - 24/06/2024, 18:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Teras adalah ruangan di luar rumah yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, mulai dari bersantai, menerima tamu, hingga berkumpul bersama keluarga. 

Selain digunakan untuk beraktivitas, teras juga menjadi area pertama yang dilihat saat datang ke sebuah hunian. Oleh karena itu, teras rumah perlu ditata dengan rapi dan nyaman. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Teras Rumah yang Cantik dan Nyaman

Saat menata teras, penting untuk memperhatikan barang-barang yang akan disimpan di area tersebut. Perlu diketahui bahwa tidak semua barang bisa ditempatkan di teras. 

Dikutip dari Southern Living, Senin (24/6/2024), berikut ini beberapa barang yang tidak boleh ada di teras rumah. 

Barang berbahan rotan

Ilustrasi lampu di teras rumahSHUTTERSTOCK/DAVID PAPAZIAN Ilustrasi lampu di teras rumah

Salah satu barang yang sebaiknya tidak ada di teras rumah yaitu barang-barang berbahan rotan, baik furnitur rotan maupun dekorasi dari rotan. Alasannya karena material rotan sangat rapuh dan mudah rusak apabila terkena panas dan hujan. 

Gray Joyner, seorang desainer mengatakan bahwa rotan yang berada di luar ruangan lama kelamaan akan berjamur. Maka dari itu, sebaiknya tidak menempatkan rotan di teras rumah. 

Baca juga: 6 Ide Furnitur Rotan dan Anyaman yang Estetik

Furnitur berlapis kain

Selain barang-barang dari rotan, furnitur berlapis kain juga termasuk barang yang tidak boleh ada di teras. 

Sama seperti rotan, furnitur berlapis kain juga mudah berjamur saat terlalu lama berada di luar ruangan. Dari pada menggunakan furnitur berlapis kain, lebih baik menggunakan furnitur dari bahan yang tahan cuaca. 

Penutup lampu dari kain

Jika ingin menggunakan penutup lampu untuk lampu teras, maka sebaiknya tidak menggunakan penutup lampu dari kain. 

Karen Moore, pendiri Project Redesign nirlaba Nashville, mengatakan untuk menghindari penggunaan penutup lampu dari kain, terutama apabila lampu terkena elemen luar ruangan. 

Sebaiknya, pertimbangkan lampu senar atau lampu dari bahan logam. Selain memperhatikan bahan penutup lampu, perhatikan juga kabel lampu tersebut. Pastikan kabel terpasang dengan benar dan tidak terkena air saat hujan tiba. 

Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Jenis Lampu untuk Teras

Karpet dari bahan alami

Ilustrasi teras rumah.SHUTTERSTOCK/ARTAZUM Ilustrasi teras rumah.

Karpet alami juga termasuk barang yang tidak boleh ada di teras. Meskipun material alami terlihat cantik, namun material ini tidak tahan terhadap jamur dan lumut. 

Atlanta Justin Q. Williams, desainer dari Trademark Design Co. menyarankan untuk menggunakan serat sintetis seperti nilon dan polipropilen. Material tersebut lebih kokoh dibandingkan serat alami yang mudah rusak saat ditempatkan di luar ruangan. 

Kaca

Terakhir, barang yang tidak boleh ada di teras yaitu kaca. Amy Steen-Humble, direktur manajemen desain interior di Omni Hotels & Resorts, mengatakan bahwa bagian kaca yang tidak ditempat dapat berbahaya jika pecah. 

Maka dari itu, jika ingin tetap meletakkan barang berbahan kaca di teras, maka sebaiknya pilih kaca yang ditempa secara khusus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com