Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Penempatan Karpet di Ruang Tamu Menurut Desainer

Kompas.com - 24/06/2024, 19:55 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan karpet di ruang tamu menjadi salah satu cara agar ruang tamu terasa lebih hangat dan nyaman. 

Selain itu, karpet juga bisa membuat ruang tamu terlihat lebih menarik. Akan tetapi, penempatan karpet di ruang tamu harus dilakukan dengan benar. 

Dilansir dari Southern Living, Senin (24/6/2024), berikut ini beberapa tips penempatan karpet di ruang tamu menurut para desainer. 

Baca juga: Feng Shui Bentuk dan Penempatan Karpet di Setiap Ruangan di Rumah

Jangan gunakan karpet yang ukurannya terlalu kecil

Ilustrasi ruang tamu, ruang tamu minimalis.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu, ruang tamu minimalis.

Jika ingin meletakkan karpet di ruang tamu, maka sebaiknya jangan gunakan karpet yang ukurannya terlalu kecil.

Rebecca Driggs, pemilik Rebecca Driggs Interiors, mengatakan memilih karpet berukuran terlalu kecil di ruang tamu membuat ruangan terlihat lebih kecil dan tidak seimbang. 

Driggs menyarankan untuk menyisakan ruang sekitar 45 sampai 60 sentimeter antara tepi karpet dan dengan dinding ruangan. 

Baca juga: 4 Cara Meletakkan Karpet di Ruang Tamu

Tempatkan karpet yang materialnya sesuai

Selanjutnya, tips penempatan karpet di ruang tamu yaitu memilih karpet yang materialnya tepat. Karpet ruang tamu biasanya sering diinjak, maka dari itu sebaiknya pilih karpet yang materialnya tidak mudah rusak. 

Brooke Ray, pendiri Locust Lane Rugs, menyarankan untuk memilih karpet berbahan wol karena bahan ini tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. 

Bahkan, cara membersihkan karpet wol hanya menggunakan handuk putih, sabun tangan, dan air. Sementara itu, karpet berbahan viscose tidak disarankan untuk ruang tamu karena sulit dibersihkan. 

Baca juga: Tips Memilih Karpet Berdasarkan Jenis Lantai

Letakkan karpet vintage

Karpet di ruang tamu tidak harus baru. Karpet lama yang vintage juga tetap terlihat tetap cantik ditempatkan di ruang tamu. 

Karpet vintage tetap terlihat menarik dan estetik saat ditempatkan di ruangan sibuk seperti ruang tamu dan ruang keluarga. 

Namun, saat menggunakan karpet vintage, pastikan karpet tersebut tidak rusak dan berkualitas baik agar bisa digunakan dalam waktu lama. 

Gunakan alas karpet

Ilustrasi karpet di ruang tamu.Shutterstock/Artazum Ilustrasi karpet di ruang tamu.

Saat memasang karpet di ruang tamu, sebaiknya gunakan juga alat karpet. Driggs merekomendasikan untuk menempatkan alas karpet agar karpet tidak licin saat diinjak dan bisa mengurangi gesekan antar karpet dengan lantai. 

Baca juga: Panduan dan Cara Memilih Karpet untuk Ruangan

Alat karpet juga berguna untuk menjaga kestabilan karpet di ruangan tersebut agar lebih nyaman saat digunakan. 

Tumpuk karpet kecil

Jika karpet berukuran kecil, maka karpet tersebut bisa ditumpuk dengan karpet lain yang ukurannya lebih besar. 

Karpet berukuran besar berada di bagian bawah, sedangkan karpet kecil berada di bagian atas. Cara ini membuat karpet kecil tetap terlihat menarik saat ditempatkan di ruang tamu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com