Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2024, 18:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Debu merupakan kotoran yang paling sering ditemukan di rumah. Debu bisa menempel di seluruh permukaan rumah, baik yang mudah dijangkau maupun yang sulit dijangkau. 

Penumpukan debu membuat rumah terlihat kotor dan kurang menarik. Selain itu, debu juga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Debu di Ventilasi Udara dengan Mudah

Maka dari itu, penting untuk melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi penumpukan debu di rumah. 

Dikutip dari Southern Living, Sabtu (29/6/2024), berikut ini cara mencegah penumpukan debu agar rumah selalu bersih dan segar. 

Ganti filter udara

Ilustrasi membersihkan debu.Shutterstock/A3pfamily Ilustrasi membersihkan debu.

Terlepas dari sistem AC yang dimiliki, semua filter udara di unit harus rutin diganti untuk meminimalisir debu dan memastikan udara di dalam rumah tetap berkualitas. 

Filter udara perlu diganti setidaknya 30 sampai 90 hari. Jika di rumah ada hewan peliharaan, maka filter perlu sering dicek dan diganti. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Filter Udara Rumah agar Lebih Sehat

Letakkan keset di teras rumah

Selanjutnya, cara mencegah penumpukan debu di rumah bisa dicegah dengan meletakkan keset di teras rumah. 

Jadi, sebelum masuk ke rumah, sepatu bisa diusap pada karpet sampai bersih, sehingga debu tidak ikut masuk ke dalam rumah. 

Cuci seprai dengan rutin

Seprai menjadi salah satu benda paling mudah kotor yang ada di dalam kamar. Selain noda keringat, seprai juga mudah kotor akibat kotoran lain, salah satunya debu. 

Oleh karena itu, salah satu cara agar tidak terjadi penumpukan debu di seprai yaitu dengan rutin mencuci seprai. Cuci seprai setidaknya seminggu sekali agar kamar tetap bersih dan nyaman saat digunakan untuk beristirahat. 

Baca juga: 6 Cara Mencuci Seprai agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

Memandikan hewan peliharaan dengan rutin

Jika memiliki hewan peliharaan di rumah, maka sebaiknya rutin untuk memandikannya. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, memandikan hewan peliharaan juga berguna untuk mencegah penumpukan debu di rumah. 

Apabila tidak bisa memandikan sendiri, hewan peliharaan bisa dibawa ke tempat perawatan hewan untuk dimandikan dan mendapatkan perawatan lain yang dibutuhkan. 

Menyalakan pembersih udara

Berikutnya, cara mencegah penumpukan debu yaitu menyalakan pembersih udara. Meskipun alat ini tidak bisa sepenuhnya mencegah penumpukan debu, namun alat pembersih udara bisa bekerja dengan baik untuk menyedot udara yang mengandung debu dan menjebak debu dalam filter. 

Saat debu terperangkap, maka alat ini akan mengeluarkan udara yang lebih bersih, sehingga ruangan lebih sehat. 

Baca juga: 3 Tips Mencegah Penumpukan Debu di Kolong Tempat Tidur

Gunakan vacuum cleaner yang tepat

Ilustrasi membersihkan debu di sofa.Shutterstock/mmphotographie.de Ilustrasi membersihkan debu di sofa.

Menggunakan vacuum cleaner yang tepat juga bisa mengurangi penumpukan debu di dalam rumah. Pilihlah penyedot debu yang memiliki filter berkualitas untuk menangkap partikel kecil seperti debu. 

Jangan terlalu sering membuka jendela

Terakhir, cara mencegah penumpukan debu yaitu tidak terlalu sering membuka jendela. Sebab, membuka jendela terlalu sering bisa menyebabkan partikel debu masuk ke dalam rumah. 

Meski demikian, jendela rumah tetap perlu sesekali dibuka agar ada udara masuk ke dalam rumah, sehingga suasana dalam rumah terasa lebih sejuk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com