Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Pot Tanaman

Kompas.com - 30/06/2024, 19:36 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara termudah untuk menanam tanaman yaitu menanamnya dalam pot. Namun, untuk membuat tanaman dalam pot tumbuh maksimal, pot yang digunakan harus berkualitas. 

Selain membuat tanaman tumbuh maksimal, pot tanaman juga bisa membuat tanaman terlihat lebih estetik. 

Baca juga: 4 Cara Memilih Pot Tanaman Hias

Namun, untuk mendapatkan pot tanaman berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (30/6/2024), berikut ini lima hal yang harus dipertimbangkan saat memilih pot tanaman.

Ukuran

Ilustrasi pot tanaman, pot tanah liat.UNSPLASH/ANNIE SPRATT Ilustrasi pot tanaman, pot tanah liat.

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih pot tanaman yaitu ukurannya. Ukuran pot bisa disesuaikan dengan tanaman yang akan dibudidayakan di dalam wadah tersebut. 

Jika tanaman yang akan ditanam memiliki akar pendek dan tajuk kecil, maka bisa menggunakan pot kecil. Sebaliknya, jika tanaman yang akan ditanam besar, maka sebaiknya pilih pot berukuran besar. 

Baca juga: Cara Membuat Tanah Pot Tanaman Berkualitas dan Tahan Lama

Bahan pot

Selanjutnya, hal yang harus dipertimbangkan saat memilih pot tanaman yaitu bahan pot. Sama seperti ukuran pot, bahan pot juga disesuaikan dengan tanaman yang akan dibudidayakan. 

Pot terakota cocok untuk tanaman sukulen dan tanaman lain yang tidak membutuhkan banyak air. Sebab pot ini tidak bisa menyimpan air dalam waktu alam. 

Sementara itu, apabila tanaman membutuhkan banyak air, maka sebaiknya pilih pot keramik yang bisa menahan air dan kelembapan yang dibutuhkan tanaman. 

Baca juga: Mengenal 4 Jenis Material Pot Tanaman dan Fungsinya

Drainase

Sistem drainase pada pot tanaman menjadi hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli pot. Adanya sistem drainase membuat air tidak menggenang. 

Sebaiknya, pilih pot yang memiliki lubang drainase di bagian bawah. Dengan demikian, sisa air penyiraman atau air hujan yang tidak diserap tanaman bisa terbuang secara otomatis. 

Tampilan pot

Pot tanaman dari botou plastikShutterstock Pot tanaman dari botou plastik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pot juga bisa mempercantik tampilan tanaman, terutama pada tanaman hias. 

Maka dari itu, bentuk serta tampilan pot penting untuk dipertimbangkan saat membeli pot tanaman. Pilih pot dengan detail sederhana namun unik agar tampilan rumah terlihat semakin estetik. 

Baca juga: Cara Membuat Pot Tanaman dari Ban Bekas

Selain itu, perhatikan juga warna pot. Pastikan warna pot serasi dengan ornamen dekorasi lain di rumah tersebut. 

Harga pot

Terakhir, hal yang harus dipertimbangkan saat memilih pot tanaman yaitu harganya. Setiap pot tanaman dijual dengan harga yang berbeda-beda. 

Pastikan membeli pot yang harganya sesuai dengan kualitas. Jangan tergiur dengan harga murah, namun kualitasnya tidak terjamin. 

Lebih baik berinvestasi pada pot mahal, namun kualitasnya terjamin agar bisa digunakan dalam waktu lama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com