Chef Vindex Tengker Inginkan Regenerasi

Kompas.com - 26/02/2012, 15:41 WIB

KOMPAS.com - Vindex Valentino Tengker, atau yang biasa dikenal dengan Chef Vindex, baru saja terpilih sebagai Brand Ambassador dari Unilever Food Solutions. Chef yang sudah 18 tahun menjalankan profesinya ini, juga baru diangkat menjadi Executive Chef Hotel Dharmawangsa, Jakarta. Tak ingin merasakan kesuksesannya sendiri, Vindex mengaku menginginkan regenerasi di dunia chef di Indonesia.

Hal ini disampaikan Vindex dalam jumpa pers di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (24/2/2012) lalu. "Chef Indonesia itu sebetulnya pintar-pintar, hanya kurang percaya diri saja," ujarnya.

Untuk itulah Vindex mendukung kompetisi Chef of The Year 2012 yang diadakan oleh Unilever Food Solutions. Sebagai brand ambassador sekaligus anggota dewan juri, Vindex menginginkan agar kalangan profesional di bidang kuliner mengalami kemajuan.

"Kebetulan visi-misi saya dengan Unilever Food Solutions itu sama. Kami ingin meningkatkan kualitas kuliner Indonesia. Saya pribadi sangat ingin mengembangkan generasi baru chef Indonesia. Saya ingin ada regenerasi, sehingga potensi chef Indonesia bisa tampil, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di mata internasional," ungkap pria yang menjadi salah satu juri program MasterChef Indonesia ini.

Makin kenal medan
Kompetisi Chef of The Year 2012 diharapkan menjadi cikal-bakal ajang kompetisi chef berskala internasional yang bisa diadakan oleh Indonesia. Selain itu, kompetisi ini diharapkan juga bisa menjadi ajang latihan bagi chef Indonesia untuk terus berkompetisi. "Semakin sering ikut kompetisi, maka akan semakin mengenal medan," jelas Vindex.

Vindex sendiri memang terlatih sebagai chef dalam praktek HACCP yang dilengkapi dengan Intermediate Certificate untuk Food Safety dengan kredit dari The Royal Institute of Public Health pada tahun 2005. Chef lulusan Manajemen Perhotelan yang memulai kariernya sebagai chef di Amandari Resort Bali sejak 1989 ini mahir menyajikan masakan Asia, Eropa, Mediterania, Amerika, dengan spesialisasi fusion Asia, serta hidangan Indonesia modern.

Pria berusia 43 tahun ini juga pernah mendapat kesempatan untuk memperkenalkan makanan tradisional khas Indonesia di beberapa negara, seperti di Turki (Istambul) dan Italia (Milan). Pada awal 2011, bersama Departemen Kebudayaan dan Pariwisata di Harrods, London, dan Departemen Perdagangan di Davos, Swiss, Vindex juga berkesempatan tampil di Forum Ekonomi Dunia. Pengalaman-pengalaman ini yang membuatnya semakin mengenal "medan" dan semakin percaya diri untuk tampil.

Sebelum terpilih sebagai juri di acara MasterChef Indonesia, pada tahun 2003 Vindex pernah membintangi Kochen Im Sudweten, sebuah acara televisi di Jerman. Ia juga pernah menjadi chef tamu di acara Ming's Quest tahun 2001, dimana Chef Ming Tsai dari Amerika menjadi host-nya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com