Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Kereta Cepat Tak Sampai Kota Bandung, Selanjutnya Naik Apa?

Kompas.com - 10/12/2021, 20:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bisa dikatakan tidak sesuai namanya, jika ditilik dari rute beserta lokasi stasiunnya.

Sebab, walaupun menghubungkan Jakarta dan Bandung, keretanya tidak sampai Kota Bandung, hanya sampai di Stasiun Tegalluar, Padalarang, Kabupaten Bandung.

Seperti diketahui, KCJB nantinya bakal memiliki empat stasiun, meliputi Stasiun Halim Jakarta, Stasiun Karawang, Stasiun Hub Padalarang, dan Stasiun Tegalluar Bandung.

Presiden Director PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengungkapkan alasan tidak membangun trase hingga ke pusat Kota Bandung yaitu karena terkendala biaya pembebasan lahan yang sangat mahal.

Baca juga: Ternyata, Ini Alasan Stasiun Walini Dicoret dari Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Jadi trase KCJB tidak sampai kota, melainkan sampai Padalarang di Kabupaten Bandung Barat, dan Tegalluar di Kabupaten Bandung," kata Dwiyana dalam seminar nasional bertajuk 'Metode dan Teknologi Bidang Konstruksi', Rabu (08/12/2021) lalu.

Dengan demikian, penumpang KCJB harus melanjutkan perjalanan sekitar 19 kilometer untuk menuju pusat Kota Bandung dengan beralih ke transportasi lain.

Meski begitu, dia menyampaikan akan dibangun Stasiun Hub Padalarang di Bandung Barat, untuk memudahkan akses para penumpang KCJB yang ingin melanjutkan perjalanan ke pusat kota.

Berarti nantinya KCJB akan terhubung dengan layanan kereta api eksisting yaitu Stasiun KA Kota Bandung dan Stasiun Cimahi.

"Jadi KCJB itu melewati Bandung Bagian Barat yaitu Stasiun Hub Padalarang sekaligus menjadi stasiun interkonektivitas dengan layanan eksisting yang menghubungkan layanan kereta cepat dengan Stasiun Kota Bandung dan Cimahi," ujar Dwiyana.

Baca juga: Pilar KCJB Jatuh Menimpa Excavator Saat Dibongkar, Begini Tanggapan KCIC

Sehingga, kereta cepat akan meng-kaver seluruh Kota Bandung, termasuk di ujung trase yaitu Stasiun Tegalluar.

"Stasiun Tegalluar itu untuk melayani masyarakat yang tinggal di Bandung Bagian Timur," imbuhnya.

Perlu diketahui, proyek KCJB dibangun sepanjang 142,3 kilometer. Progres konstruksi terbarunya telah mencapai 79 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com