Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CSG Bangun Balai Budaya di Kawasan Hunian Citra Swarna Tembong City

Kompas.com - 27/06/2024, 11:12 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Citra Swarna Group (CSG), berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kearifan budaya lokal di setiap proyek besutannya.

Hal ini dibuktikan dengan peresmian pembangunan balai budaya di kawasan hunian terintegrasi Citra Swarna Tembong City, pada Rabu (26/6/2024).

GM Marketing CSG, Ario Danu menjelaskan, pembangunan balai budaya tersebut merupakan usaha kolaboratif antara Citra Swarna Tembong City dengan Dinas Kebudayaan Kota Serang guna menghidupkan kembali kekayaan budaya Nusantara, khususnya Kota Serang, Banten.

Diketahui, selain melakukan revitalisasi menuju kota maju dan modern, Pemerintah Kota Serang tengah juga tengah berupaya mengembalikan tatanan sosial dan budaya masyarakat melalui pelestarian dan pengembangan kearifan lokal di seluruh wilayah Kota Serang.

"Kehadiran Taman Budaya yang diawali pembangunan Balai Budaya di Kawasan Citra Swarna Tembong City merupakan tonggak bersejarah bagi kami dalam mewujudkan komitmen perseroan terhadap pelestarian dan pengayaan budaya setempat pada setiap proyek yang dibangun," ujar Ario Danu dikutip dari keterangan tertulis.


Menurutnya, wilayah Serang sebagai Kota Madani memiliki ciri masyarakat modern, multikultur, dan religius. Untuk menjaga ciri khas itu, CSG mendukung langkah Pemerintah Kota Serang dalam melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya Nasional di wilayah Banten.

"Melalui pembangunan Balai budaya dalam kawasan hunian tapak ini, merupakan langkah penting untuk memperkuat warisan kekayaan tradisi-tradisi di wilayah Serang, Banten," imbuhnya.

Baca juga: Optimistis 2024 Makin Moncer, CSG Bidik Pendapatan Rp 1,1 Triliun

Nantinya, lanjut Ario Danu, Balai Budaya ini diharapkan menjadi pusat perhatian bagi ekspresi artistik, inisiatif pendidikan, dan keterlibatan komunitas, menjadi tempat berbagai pengalaman beragam budaya bertemu. Inisiatif ini terinspirasi untuk memenuhi kebutuhan dan kualitas hidup masyarakat dalam hal pariwisata.

Balai Budaya juga didedikasikan guna menjaga, merawat, dan mempromosikannya kepada generasi mendatang agar lebih mengenal serta akhirnya terpanggil untuk melestarikan budaya lokal, Kota Serang.

Sesuai rencana, Balai Budaya akan berfungsi sebagai platform dinamis untuk berbagai kegiatan budaya, termasuk pertunjukan, pameran, lokakarya, dan program interaktif.

"Ini tidak hanya akan memberikan ruang bagi seniman dan praktisi budaya untuk memamerkan bakat mereka tetapi juga berfungsi sebagai sumber daya pendidikan bagi penduduk dan pengunjung, menawarkan wawasan tentang kisah budaya yang beragam di wilayah kami," tandasnya.

Ario Danu menyebut, pembangunan Balai Budaya melambangkan dedikasi Citra Swarna Tembong City yang teguh untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Serang. Karena itu, CSG sangat senang dapat berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Kota Serang.

"Semoga Balai Budaya ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan menjadi pusat pariwisata di kota Serang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com