Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Penyakit Menular?

Kompas.com - 02/03/2020, 14:30 WIB
Serafica Gischa

Penulis

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Definisi penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit.

Disamping itu juga ada banyak organisme yang ada di dalam tubuh yang bersifat membantu kekebalan tubuh, namun dalam kondisi tertentu, beberapa organisme menyebabkan penyakit.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, beberapa penyakit menular dapat ditularkan dari orang ke oranga. Beberapa juga bisa ditularkan oleh serangga atau hewan lainnya.

Penyakit menular disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit. Keberadaan mereka ada di dalam atau permukaan tubuh, sehingga dapat menyebabkan infeksi.

Perpindahan agen infeksi atau parasit tersebut dari individu yang sakit ke individu sehat dinamakan penularan penyakit.

Jika seseorang terkena suatu bakteri atau terinfeksi namun kesehatan dalam tubuh tidak berubah maka proses ini disebut infeksi subklinis.

Baca juga: Ciri-ciri Virus

Prinsip tersebut diilustrasikan dengan penggunaan vaksin untuk pencegahan penyakit menular. Misalnya, virus yang menyebabkan campak dapat dilemahkan atau digunakan sebagai agen imunisasi.

Kelompok penyakit menular

Penyakit menular yang disebabkan oleh suatu agen infeksi atau produk racun dari orang maupun hewan bisa terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Terdapat tiga kelompok utama penyakit menular, yaitu:

  1. Penyakit sangat berbahaya karena angka kematian cukup tinggi
  2. Penyakit menular tertentu yang menimbulkan kematian dan cacat, walaupun akibatnya lebih ringan dari yang pertama.
  3. Penyakit menular yang jarang menimbulkan kematian dan cacat tetapi dapat mewabah yang menimbulkan kerugian materi dan kesehatan.

Agen menular atau infeksi

Agen infeksi dapat dibagi menjadi beberapa kelompol berdasarkan ukuran, karakteristik bikokima, atau cara mereka berinteraksi dengan inang manusia.

Beirkut agen infkesi:

Bakteri

Bakteri dapat bertahan hidup di dalam tubuh tetapi di luar sel individu. Beberapa bakteri diklasifikasikan sebagai aerob, membutuhkan oksigen untuk pertumbuhan.

Sementara beberapa bakteri yang lain ditemukan di usus kecil orang sehat, tumbuh tidak dengan oksigen, sehingga disebut anaerob.

Infeksi bakteri umumnya disebabkan oleh pneumokokus, stafilokokus, dan treptokokus yang sifatnya komensal (organismen yang hidup tidak berbahaya pada inangnya) di saluran pernapasan atas.

Namun dibeberapa kondisi serius dapat menjadi ganas seperti pneumonia, septikemia (keracunan darah), dan meningitis.

Baca juga: Virus: Sejarah, Ciri-ciri dan Penyebarannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com